Tuesday, October 7, 2014

Merencanakan Hidup Menentukan Masa Depan

Ada pepatah lama yang cukup terkenal dan masih berlaku sampai sekarang, "Gagal dalam merencanakan adalah sama dengan merencanakan kegagalan". Sayangnya, masih banyak diantara yang memegang prinsip hidup "mengalir aja seperti air". Kalau prinsip itu diartikan sebagai bentuk kepasrahan kepada takdir Allah SWT memang tidak salah, tapi Kalau artinya menyerah tanpa ada usaha terlebih dahulu, itu bahaya banget.

Tidak bisa dipungkiri masih banyak sebagian kita yang tidak berani bercita-cita tinggi. Tidak berani memasang target-target besar dalam hidup. Akhirnya perjalanan hidup yang mereka jalani yaa biasa-biasa saja, dan prestasi-prestasinya pun biasa-biasa saja.

Sebagai orang beriman yang diamanahi tugas oleh Allah sebagai wakil-Nya di bumi, kita harus punya ambisi-ambisi positif dan besar. Ulama terkenal Indonesia, Hamka, pernah berkata "Kalau hidup cuma sekedar hidup, kera di hutan juga hidup. Kalau makan sekedar makan, babi hutan juga makan". Nah loh, gak mau kan disamakan dengan kera atau babi hutan? Jangan mauu, karena kita adalah manusia terhormat dengan segala kesempurnaan jasmani dan rohani yang kita miliki.

Setiap tahun ajaran baru dimulai, saya suka mengisi acara training motivasi untuk santri-santri baru di Pondok Pesantren Darul Inayah. Saya mulai dengan sebuah pertanyaan sederhana, "Kamu mau kemana?"

Menjalani hidup yang cuma sekali ini terlalu sayang kalau sampai tidak tahu arah mana yang akan dituju. Dengan kata lain, kita harus punya tujuan. Harus punya perta hidup yang akan menjadi kompas bagi setiap gerak langkah kita. Sebab, hidup bukan untuk main-main, bukan untuk sekedar senang-senang tanpa ada tanggung jawab.

Lalu bagaimana cara memulainya?

Ibaratnya jika kamu ingin memiliki sebuah rumah yang kokoh dan bagus. Mulailah dengan membuat desainnya terlebih dahulu. Coba tanyakan ke ahli bangunan manapun, jika ingin membuat sebuah gedung apa dulu yang dilakukan? Pasti jawabannya adalah membuat desain.

Begitu juga dengan dirimu. Buat dulu sketsa hidupmu dengan menentukan tujuan. Buatlah target-target yang ingin dicapai. Mulailah dengan membuat daftar impian yang kamu wujudkan. Jangan takut bermimpi besar. Jangan takut bercita-cita. Segila apapun mimpi-mimpimu. Tulis diatas selembar kertas dengan huruf besar-besar agar kamu mudah mengingatnya.

IMPIAN YANG KUAT DAN JELAS AKAN MENGARAHKAN KEMANA AKAN MENUJU, APA YANG AKAN DIRAIH

0 comments:

Post a Comment